Kamis, 09 April 2020

Materi firewall pada jaringan

Cara Mengkonfigurasi Firewall

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana caranya untuk memblokir suatu situs web menggunakan fitur Firewall pada MikroTik. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak langkah-langkahnya… yuk, cekidot … 😀
  1. Pastikan Anda sudah login pada Winbox.
  2. Pada tampilan UI Winbox, buka navigasi IP (1) > Firewall (2). Maka akan muncul jendela Firewall.
    Gambar 1. Jendela pengaturan Firewall
    Gambar 1. Masuk ke jendela pengaturan Firewall
  3. Buka tab Layer7 Protocols, lalu tekan tombol tambah berwarna biru untuk menambah Layer7 Protocols. Konfigurasikan:
    1. Name : (nama Layer7 Protocols yang diinginkan, misal ytb) (1)
    2. Masukkan alamat web-nya pada kotak isian Regexp: (2).
    3. Tekan tombol Apply lalu OK untuk menyimpan.
    Gambar 2. Tambahkan Firewall L7 Protocol
    Gambar 2. Tambahkan Firewall L7 Protocol
  4. Buka tab Filter Rules, lalu tekan tombol tambah berwarna biru untuk menambah rule. Kemudian akan terbuka jendela New Firewall Rule. Konfigurasikan:
    1. Pada bagian Action di tab Action (1), pilih drop (2).
    2. Pada bagian Layer 7 Protocol di tab Advanced, pilih [nama firewall layer7 protocol] (4)
    3. Pada bagian Chain di tab General (5), pilih forward (6).
    4. Tekan tombol Apply lalu OK untuk menyimpan.
    Gambar 3. Atur Firewall Rule baru.
    Gambar 3. Atur Firewall Rule baru.
  5. Berikut adalah tampilan yang menandakan bahwa pembuatan firewall rule telah berhasil.
    Gambar 4. Pengaturan Firewall Rule berhasil.
    Gambar 4. Pengaturan Firewall Rule berhasil.
  6. Uji coba pada aplikasi peramban web Chrome. Anda juga bisa menggunakan aplikasi peramban yang lainnya. Jika berhasil maka akan tampil seperti pada gambar nomor 5 di bawah ini.
    https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/austin-fascal-web.appspot.com/o/MikroTik%2FKonfigurasi%20Firewall%20MikroTik%2F5.png?alt=media&token=75275ee8-7cf7-48b5-9a11-970dec8f6d25
    Gambar 5. Firewall menandakan telah berfungsi.

Cara Memperbaiki Firewall

Cara Memperbaiki Firewall - Firewall merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh sistem operasi Windows (semua versi Windows). Firewall digunakan untuk melindungi sistem operasi dari operasi ilegal yang datang dari luar dengan menyaring semua data operasi yang akan masuk ke dalam sistem komputer. Kemudian, firewall akan sangat berperan ketika komputer kita terkoneksi dengan jaringan internet. Peran firewall di sini adalah untuk mengizinkan atau menolak data yang hendak masuk ke dalam komputer kita dari intenet. 

Jika diizinkan, data akan masuk ke dalam komputer kita dengan aman. jika tidak maka sebuah firewall akan memblocking data tersebut dan menghalanginya supaya tidak masuk ke dalam sistem komputer kita. Akan tetapi, apakah terbayangkan oleh Anda jika suatu saat firewall yang kita gunakan mengalami masalah? Misalnya, eror karena file corrupt. 

Tentunya untuk setiap sistem atau program pasti akan ada saatnya eror. Kemudian, ketika firewall eror, maka kita akan sangat repot ketika hendak koneksi ke internet. Firewall yang eror atau korup memiliki kebiasaan memblokir semua jalur port internet. Akibatnya, kita tidak bisa terkoneksi dengan internet karena perlakukan firewall tersebut. Meskipun kita telah mematikan operasi firewall melalui control panel Firewall, operasi Firewall yang sudah korup tidak bisa dihentikan karena terdapat file firewall yang korup dan tidak dapat bekerja dengan semestinya lagi. 

Firewall yang korup akan menutup semua port jalan keluar-masuk dari sistem komputer dan jalan keluar paling mudah untuk orang awam adalah instal ulang Windows atau repair Windows. Pekerjaan demikian tentu saja memakan waktu yang sangat lama (tergantung spek komputer yang dipakai). Namun belakangan ini, ada suatu perangkat lunak yang dapat memperbaiki firewall yang korup dengan mudah dan cepat. 

Repair Windows Firewall, begitu orang menyebutnya. Install ulang Windows Firewall bekerja di bawah sistem operasi Windows yang akan memperbaiki firewall dari Windows tersebut. Perangkat lunak ini berukuran sangat kecil, tetapi dapat dibilang sangat membantu kita dalam mengatasi firewall yang bermasalah. 

Menggunakan perangkat lunak ini tidaklah sulit karena dibuat portabel. Kita tinggal mengekstrak file yang diunduh dan menjalankan file repair.exe, maka perangkat lunak akan jalan. Kemudian, kita tinggal mengklik Start pada prograrm tersebut untuk memulai perbaikan. Selanjutnya, perbaikan $ilakukan secara otomatis dan selesai secara otomatis juga.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peta konsep DSL