Rabu, 18 Maret 2020


Web mail berbasis linux

Salah satu contoh webmail berbasis linux

   Roundcube



Apa itu Roundcube?

Roundcube adalah salah satu aplikasi webmail dengan basis IMAP. Roundcube ditulis dengan bahasa pemograman PHP. Fitur yang jadi andalan dari aplikasi webmail satu ini adalah penggunaan Ajax. Ajax digunakan untuk memberikan informasi terkait email yang lebih responsif dibandingkan aplikasi webmail lainnya yang cenderung kuno dan kurang canggih.

Roundcube ditulis dalam PHP dan dapat digunakan bersamaan dengan tumpukan LAMP , atau sistem operasi lain yang mendukung PHP juga didukung. Server web membutuhkan akses ke server IMAP yang menampung email dan ke server SMTP untuk dapat mengirim pesan.
Roundcube adalah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka yang tunduk pada ketentuan GNU General Public License (GPL) dengan pengecualian untuk kulit dan plugin
Pada 3 Mei 2015, Roundcube mengumumkan dalam kemitraan dengan Kolab Systems AG bahwa mereka berencana untuk sepenuhnya menulis ulang Roundcube dan membuat Roundcube Next. Kampanye crowdfunding dibuat untuk membiayai proyek. Sasaran $ 80.000 tercapai pada 24 Juni. Jumlah akhir yang dinaikkan adalah $ 103.541 USD. Roundcube Next dimaksudkan untuk memasukkan fitur-fitur tambahan seperti kalender, obrolan dan manajemen file. Ini akan diimplementasikan menggunakan WebRTC dan konektor dari layanan populer seperti Dropbox dan OwnCloud . Kolab Systems dan Roundcube menghentikan pengembangan proyek pada 2016, tanpa informasi atau pengembalian uang yang diberikan kepada pendukung proyek, yang mengarah ke crowdfund yang gagal
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Roundcube

Kelebihan Roundcube

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, ada penggunaan teknologi Ajax ada aplikasinya sehingga teknologinya tentu bisa dibilang canggih, bila dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang cenderung kuno atau basic.
Karena ditulis dengan bahasa pemrograman PHP, Anda pastinya bisa lihat sendiri interface yang modern dan tergolong intuitif.
Aplikasi webmail satu ini juga termasuk lengkap dengan beragam fitur yang sering dibutuhkan pada email client. Ada richtext atau komposisi email HTML, buku alamat/kontak, sudah mendukung MIME, bisa kirim dari multiple sender identities, bisa mengkoreksi pengejaan/spell checking, ada 3 view column, fitur drag and drop untuk manajemennya, dan masih banyak fitur lainnya yang bisa memudahkan Anda sebagai pengguna webmail.
Aril fikri
XI tkj2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peta konsep DSL